Pemkab Upayakan Cari Investor

20 Jul

TAKALAR — Kepulauan Tanakeke Diusulkan segera menjadi kawasan konservasi alam. Hal itu menyusul keputusan Pemkab Takalar melalui Dinas Perikanan dan Kelautan untuk mengusulkan Kepulauan tersebut sebagai kawasan konservasi.

Menyusul penetapan tersebut, pemerintah saat ini sedang menggodok aturannya. Sikap itu diambil setelah instansi terkait melakukan kunjungan di kawasan pulau tersebut.Saat melakukan kunjungan, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Takalar, Ahmad Rifai, mengungkapkan, pihaknya banyak menemukan biota laut yang beragam. Seperti, penyu hijau, ikan duyung, kuda laut dan beberapa jenis lainnya. Padahal jenis tersebut sudah jarang dijumpai di daerah lain.

Tidak sebatas itu. Menurut Ahmad Rifai, terumbu karang antara satu desa dan desa lainnya juga cukup beragam. Spesifikasi dan jenis karang berbeda-beda. Karena itu, pihaknya menilai kawasan tersebut pantas dijadikan sebagai kawasan konservasi alam.

Secara garis besar dalam aturan yang sementara digodok tersebut, lanjut dia, adalah menjaga kelestarian untuk melindungi kawasan kepulauan tersebut. Sebab, potensi wisata di daerah itu harus betul-betul dijaga dan dilestarikan. Di lokasi itu, sangat memungkinkan untuk dilakukannya kegiatan, snorkling, diving, dan lainnya.

Nah, untuk mengelola kawasan kepulauan itu, pihak pemerintah berupaya mencari investor yang mau menanamkan modalnya untuk mengelola potensi wisata di daerah itu. “Kajian-kajian dan penelitian secara akademik akan kami kerjasamakan dengan Unhas, Rotary Club. Khusus, untuk Rotary Club, mereka telah membuat desa-desa binaan,” tandasnya, di sela-sela lepas sambut, Sekkab Takalar, Senin, 19 Juli.

Leave a comment